MAHASISWA IDEAL: PILIHAN ATAU HANYA RINTIHAN


Sebelum membahas mahasiswa ideal, sedikit saya akan memaparkan. Siapakah mahasiswa itu? Dan ideal itu seperti apa?
Mahasiswa yang tak lain adalah pemuda yang memiliki potensi yang sangat besar sebagai agen of change (agen perubahan). Mahasiswa saya definisikan di sini sebagai segmen pemuda yang tercerahkan karena memiliki kemampuan intelektual. Intelektual disni bukan lantas berarti sudah paham dengan segala bidang ilmu. melainkan saya mengartikan bahwa mahasiswa itu sebagai orang yang memiliki kemampuan berfikir logis sehingga dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.
Sedangkan ideal dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mempunyai arti sesuai dengan yang dicita-citakan ataupun yang di inginkan. Jadi, mahasiswa yang ideal adalah mahasiswa yang mampu berfikir logis dan dapat mewujudkan segala cita-citanya.
Menyinggung judul di atas “mahasiswa ideal: pilihan atau hanya rintihan” bila ditanyakan kepada mahasiswa pasti dengan serempak mereka akan mengatakan bahwa menjadi mahasiswa yang ideal merupakan kebutuhan dan tujuan bagi setiap orang. Siapa sich yang tidak mau dirinya sukses?. Menyikapi hal itu, menurut saudara Fikru Khairi yang merupakan Ketua BEMFA islam menyatakan “tujuan kehidupan adalah untuk menggapai cita-cita, dan sebagai agen of change mahasiswa tak hanya besar namanya saja (Maha) tapi juga harus sesuai dengan peran positifnya di lingkungannya.” Lain halnya dengan pendapat saudara Hamim Ridwan, Presma Unipdu. Yang menyatakan “orang yang memilih mahasiswa ideal sebagai pilihan, dialah orang-orang yang mampu dibidang akademisi dan aktif dalam organisasi demi mewujudkan cita-citanya.” Sedangkan “orang yang mengatakan mahasiswa ideal sebagai rintahan dialah orang-orang yang mempunyai keinginan dan cita-cita yang tinggi tapi tidak pernah berusaha untuk merealisasikan keinginannya.”
Nah... sebenarnya seperti apa sich mahasiswa yang ideal itu? Berikut ini saya akan memaparkan karakteristik dari Mahasiswa yang menurut saya sudah masuk dalam kategori ideal:
1.       Akademis
Dalam bidang akademis, Mahasiswa yang ingin ideal selalu  dapat dilihat dari beberapa ciri berikut: aktif kuliah, rajin praktikum, mengumpulkan tugas tepat waktu (disiplin), dan segala kegiatan yang menyangkut masalah perkuliahan.
2.       Aktivis-Organisatoris
Sebagai Mahasiswa yang idealis tidak hanya aktif dalam akademik saja. Melainkan juga aktif di berbagai kegiatan ekstra. tipe ini dapat dilihat dari kebiasaan sehari-harinya. Disamping dia kuliah,dia juga disibukkan dengan berbagai macam acara organisasi lain. Ketika sudah aktif dalam ber-organisasi biasanya dia mempunyai Ciri menonjol lainnya seperti dia cukup piawai dalam berbicara di depan umum, punya jiwa kepemimpinan yang tinggi, dan mampu bekerjasama, Pokoknya mereka punya softskill yang terasah dengan baik.
3.       Agamis
Mahasiswa yang ideal juga perlu hal-hal yang agamis. Biasanya, Tipe mahasiswa yang satu ini adalah mahasiswa yang aktif dalam setiap kegiatan keagamaan atau even-even tertentu. Sebagai contoh saja orang muslim. Mereka biasanya sering diminta menjadi mentor agama dan mengisi forum dakwah kampus. Di samping itu mereka juga aktif di Organisasi Dakwah, takmir Masjid dan lain sebagainya. Mahasiswa tipe agamis adalah mahasiswa yang taat pada agama yang dianut seperti rajin beribadah, rajin membaca kitab suci, dan sebagainya. Mereka juga sangat memperhatikan penampilan yang berdasarkan pada etika kesopanan.
Melihat beberapa karakteristik mahasiswa yang ideal, jelas sekali kalau untuk menjadi mahasiswa yang ideal tidak hanya dibuktikan dengan keinginan (rintihan) hati nurani saja. Melainkan juga harus diseimbangkan dengan bukti nyata dengan cara berusaha sebaik mungkin untuk menggapai cita-cita dengan berbagai macam usaha dan do’a agar dapat melewati rintangan yang mencoba jadi penghalang.


Komentar